Sunday, December 15, 2019

Kunci Juarai Kompetisi Internasional (bagian 1)


Atasi Pikiran Negatif

Kunci Juarai Kompetisi Internasional
Assalakum sobat pejuang prestasi, kali ini miminau berbagi ni gaez, tentang beberapa tips bagaimana bisa juarai kompetisi hingga ke tingkat Internasional. Nah mungkin ada sebagian diantara kalian masih ada yang ragu bahkan takut untuk mengikuti kompetisi di tingkat internasional. Lawah pasti hebat-hebat, apa mungkin aku bisa menang, bahasa Inggrisku masih payah, ah biayanya pasti mahal dll. Itulah sederetan alasan yang membuat kita tidak mau mengambil keputusan untuk sekedar melangkah menuju ke jenjangtersebut.

So tentu tips pertama atasi dulu pikiran-pikiran negatif tersebut. Yakin pasti kamu bisa, tentu akan menguatkan usaha dan doamu.

Masalah lawan tentu di ajang internasional merekalah orang-orang hebat delegasi dari negara mereka. Yakinlah bahwa kamu lebih hebat dari mereka, tanpa mengurangi waspada untuk tetap mempersiapkan diri dengan latihan terbaik. Dengan tetap rendah hati yakin kamu bisa memenangkan kompetisi tanpa merendahkan kemampuan lawan. Sekali lagi kalaian harus yakin dulu bahwa kalian yakin bisa menang.

Sedangkan untuk masalah bahasa inggrismu masih payah dapat kalian ataui dengan membentuk tim dengan orang yang memiliki kemampuan bahasa inggeris diatasmu, tanpa mengurangi kemauan belajarmu untuk tetap belajar komunikasi dengan bahasa inggris. Apa mereka mau kalian ajak bergabung? Toh kemampuanmu dibidang bahasa lebih rendah dari mereka. Jangan-jangan mereka merasa hanya akan kalian manfaatkan? Nah, hal tersebut akan teratasi kalau kalian tetap ambil bagian peran di hal yang lain, semisal kemampuanmu dalam penggalian ide harus lebih kalian tonjolkan. Kemampuan dalam negosiasi, kemampuan mekanik dalam merakit alat, kemampuan dalam merancang program, kemampuan dalam mendesain alat dsb haruslah lebih kalian tunjukkan kemereka agar peran kita dalam tim tetap seimbang dengan mereka. Mengingat di ajang internasional kemampuan presentasi dalam bahasa inggris akan sangat dominan perannannya dalam memenangkan kompetisi. So jangan berkecilhati dulu kalau bahasa inggrismu memang belum bagus.

Masalah biaya terkadang menjadi hal yang sangat menentukan di titik akhir untuk memutuskan jadi berangkat atau tidak. Walaupun masalah pertama dan kedua telah teratasi dengan sempurna, namu faktor yang satu ini tidak bisa ditampik seakan menjadi penentu utama. Memangbjuga sih biaya sangat dibutuhkan terlebih untuk kompetisi di level international. Dan itu tentu tidaklah sedikit. Nah untuk itu kalian bisa selektif terlebih dahulu apakahbpanitia akan menanggung akomodasi atau tidak jika kalian berlanjut ke level ini. Ikuti lomba yang full pounded untuk mu terlebih dahulu kalau memang kalian bermasalah di faktor yang satu ini. Kedua, kalian bisa mencari seponsorship ataupun donatur untuk membiayai akomodasi kalian selama kompetisi. Ketiga ataupun kalian bisa melakukan penggalangan dana dengan membuat acara tertentu ataupun memasarkan produk inovasi sederhana kalian yang bisa diuangkan dan dengan catatan hasil pennjualan akan digunakan untuk pembiayaan kompetisi berikutnya haruslah kalian spaikan disaat kalian menjual produk kalian. Tentu orang yang pernah mempunyai nasib seperti kalian akan tergerak hatinya untuk membantu.

Nah itulah tips pertama dari mimin ya gaezz untuk lebih meningkatkan semangat kalian dalam mengikuti kompetisi internasional. Tunggu tips berikutnya yak!


Dan pantau terus web lombainternasional.info  yak untuk selalu mendapatkan info kompetisi internasional terupdate dan terpercaya.



Yupppp semangat selalu yak buat Indonesia dipandang dimata dunia.

No comments:

Post a Comment