Sunday, December 22, 2019

Kunci Juarai Kompetisi Internasional (bagian 2)

Ide Cetar

Kunci Juarai Kompetisi Internasional 2 Sumber: Doc.Pribadi
Assalamualaikum sobat pejuang prestasi, nah kali ini Mimin mau menyampaikan artikel lanjutan tentang kunci bagaimana juarai kompetisi hingga ke level Internasional bagian ke-2. Bagi kalian yang belum sempat membaca artikel bagian 1 silahkan klik link di bawah ini:

Kunci Juarai Kompetisi Internasional (bagian 1)

Pada kesempatan kali ini Mimin akan membahas tentang ide, bagaimana ide yang bisa diterima hingga tips cara penggalian ide tersebut. Memang sekali lagi kalau sudah bicara ke level Internasional tentu pesaing kita jumlahnya sudah diatas 4 digit. So untuk bisa masuk finalis kita harus mempunyai ide yang luar biasa atau bisa di bilang ide yang cetar.

Out of the box harus kita lakukan agar juri tertarik dengan karya kita. Teringat saat kompetisi hibah dari salah satu lembaga penyelenggara hibah level Asia Tenggara saat itu pesaing lebih dari 1400 peserta kompetisi dan hanya diambil 28 finalis dan hanya 13 orang penerima hibah, tentu untuk bisa masuk ke sana ide haruslah bisa menarik hati juri. Tentu kecetaran ide ini menjadi salah satu kunci utama untuk bisa memenangkan kompetisi Internasional, kecuali kompetisi dibidang olahraga atau fisik lho ya hal utama skill yang dibutuhkan untuk itu.


Lantas ide yang bagaimana sih yang memiliki peluang besar untuk diterima juri? Hehe tentu ide yang luar biasa. Lantas ide yang luar biasa itu yang bagaimana? Hehe lagi tentu ide yang cetar dan out of the box. Untuk bisa membuat itu tentu kita juga butuh mempelajari apa yang biasa orang lakukan secara umum terlebih dahulu baru kita gali ide untuk pengembangan dari yang sudah ada itu. Semisal saja yang pernah Mimin lakukan dari yang biasanya gerak roket parabol Mimin ubah ke horisontal, teman mimin juga pernah melakukan hal tersebut bahkan sampai mendapat penghargaan dari Jepang hanya dengan mengubah posisi yang biasanya vertikal menjadi harisontal. Nah sederhana bukan, se segera lakukan!

Berikutnya bagaimanasih cara mendapatkan ide yang bisa dibilang cetar itu? Berikut beberapa tips yang bisa mimin berikan merdasarkan pengalaman yang telah selama ini mimin lakukan:

Pertama, membaca. Dengan membaca tentu sumber reverensi dalam pikiran kita akan makin banyak pula, sehingga dalam memikirkan suatu ide akan gampang mengaitkan dan menginovasi dengan apa yang telah kita dapat dari bahan bacaan kita. Nah tentu dengan catatan sesuaikan bahan bacaan dengan target sesuai bidang apa yang kita tekuni, so dengan begitu akan lebih fokus lagi pikiran kita dalam memunculkan ide yang tentu akan bisa menjadi ide yang luar biasa.


Kedua, perbanyak jalan-jalan. Hehe nah lho apa hubungannya ide dengan jalan-jalan? Bukannya malah buang-buang waktu dan uang min? yuppp kalau dipikir singkat mungkin itu benar tapi dengan jalan-jalan pikiran kita akan lebih merasa fresh dan dengan mudah akan banyak menemukan ide-ide baru dari apa yang kita temui selama aktivitas jalan-jalan tersebut. Anggap saja itu investasi sekaligus menghibur diri dari tekannan rutinitas yang ada. Dengan kita mau keluar, terlebih keluar negri tentu kita akan menemukan banyak hal yang tidak ada atau belum ada dilingkungan kita. Tapikan kita bisa temukan itu di youtube atau internet min? Iya betul tapi tidak detail dan menyeluruh. Tentu beda melihat langsung dengan kita bisa mencatat dan mengulas sendiri dengan apa yang kita sekedar lihat dari internet. Buktikan sendiri!

Ketiga, perbanyak silaturahmi. Selain memperpanjang umur, silaturahmi juga akan menambah rejeki. Nah rejeki inilah yang bisa berupa ide baru yang muncul dari situ. Dan ingat dengan melakukan silaturahmi jalan-jalan tentu juga terpenuhi so kekeuatan ini yang paling besar. Tentu tidak hanya bertemu dan berkumpul saja, saling diskusi dan tukar pengalaman serta ide akan memperkuat dan mempercetar ide kita. Ingat jangan takut ide kita dicuri karena bis ajadi ide kita dicuri tapi kerja keras kita yang akan membedakan hasilnya kelak.


Nah itulah beberapa tips dari mimin, tentu dari kalian banyak tips yang lebih cetar lagi mungkin untuk memunculkan ide kalian, jangan lupa berbagi dan tuliskan tips kalian di kolom komentar yak agar orang lain juga bisa merasakan suksesnya. Semangat berkarya dan berbagi selalu yak!

Ingat selalu pantau terus web www.lombainternasional.info  yak untuk selalu mendapatkan tips dan up date informasi seputar kompetisi terkini. Dan tentu jangan lupa pula share keteman-teman kalian agar mereka juga lebih semangat lagi untuk selalu berkolaborasi dan berkompetisi untuk kemajuan negri kita tercinta Indonesia. Ok terimakasih atas semua dukungannya salam sehat dan sukses selalu untuk kita semua! Aamiin.

No comments:

Post a Comment