Sunday, December 29, 2019

Kunci Juarai Kompetisi Internasional (bagian 3)

Disiplin Latihan
Selalu Semangat Latihan Walau Kepanasan. Doc. Pribadi
Assalamualaikum sobat pejuang prestasi, jumpa lagi, nah kali ini Mimin mau menyampaikan artikel lanjutan tentang kunci bagaimana juarai kompetisi hingga ke level Internasional bagian ke-3. Bagi kalian yang belum sempat membaca artikel bagian 1 dan 2 silahkan klik link di bawah ini yak:

Kunci Juarai Kompetisi Internasional (bagian 1)


Bicara tentang latihan jadi teringat kisah inspirasi dari 2 orang tukang kayu. Dikisahkan 2 orang tukang kayu diberi tantangan oleh si empunya hutan tanaman produksi untuk menebang pohon dihutan tersebut. Dalam setiap 10 pohon yang ditebang dalam sehari si tukang kayu akan diberi bonus satu pohon untuk dirinya sendiri. Dengan waktu dan alat yang sama mereka berdua begitu semangatnya menebang pohon di hutan tersebut. Namun ada perbedaan tindakan yang dilakukan kedua tukang kayu tersebut. Dengan semangatnya situkang kayu pertama dalam sehari mampu menebang 30 pohon, karena dalam pikiranya bonus 3 pohon haruslah bisa dibawa pulang. Namun dihari pertama tersebut tukang kayu kedua hanya menyelesaikan 20 pohonbuntuk ditebang.

Nah, dari analogi tersebut apakah tukang kayu pertama memang yang rajin atau karena tukang kayu kedua yang malas?

Lanjut ke hari ke dua tukang kayu pertama menyelesaikan 27 pohon dan tukang kayu kedua masih 20 pohon. Jadi di hari kedua bonus harian mereka sama, masing masing membawa 2 pohon. Hari ketiga danseterusnya si tukang kayu pertama hasil tebanganya semakin berkurang 2-3 pohon yangvtida tertebang. Sedangkan si tukang kayu kedua masih konsisten dengan hasil tebangan 20 pohon dalam tiap harinya.


Singkat cerita hingga minggu kedua akhirnya si tukang kayu pertama hanya mampu menebang 8-12 pohon, dengan kata lain hanya satu bonus pohon bahkan tidak dapt bonus yang dihasilkan dalam sehari. Di sisi lain si tukang kayu kedua masih selalu konsisten dengan 20 pohon tiap hari, atau selalu mendapat 2 bonus harian.

Nah kan, terlihat anda mulai menebak-nebak apa gerangan yang dilakukan oleh si tukang kayu kedua hingga bisa konsisten dengan hasil kerjanya?

Hayo apa?

Teryata da ternyata yang dilakukan tukang kayu kedua adalah selalu mengasah alat tebangnya setiap kali habis menebang 5 pohon. Walau hasil awal kalah dengan tukang kayu pertama namun dia tetap konsisten melakukan itu. Nah tho terlihat kumpulan hasil kerjanya jauh lebih memuaskan jika dibanding dengan tukang kayu pertama.

Nah coba simpulkan gaezz apa hubunganya dengan disiplin latihan?

Yuppp, benar sekali mengasah alat tebang kayu dengan konsisten akan menghasilkan hal yang berbeda dengan yang hanya ingin kejar tayang. Begitu juga kalian dalam mempersiapkan lomba di tingkat internasional gaezz tidak bisa hanya kebut semalam namun butuh disiplin latiahan secara konsistenbuntuk mempersiapkan kemenangan. Ingat pengalaman untuk lomba interbasional kita biasanya butuh 3-6 bulan untuk mempersiapkannya selain kemampuan dasar yang sudah dimiliki anak.

So, disiplin latihan itu sangatlah perlu. Untuk hasil tentu akan mengikuti kalau kita lakukan persiapan dengan maksimal secara konsisten. Ingat disiplin latihan secara konsisten seakan mengasah alat tebang (pikiran dan ketrampilan) kita hingga hasil akhir maksimal juga akan kita dapatkan.

Nah lho, kena kan?

Yupp, jangan samapai menyesal! Selalu asah alat tebangmu yakk, untuk selalu bisa mendapatkan hasil yang maksimal nan memuaskan.

Mimin cuma bisa bilang "Selalu Semangatttt latihannya ya gaezz..”

Nah itulah kisah dari mimin, tentu dari kalian banyak cerita yang lebih menyemangati lagi dalam mempertahankan konsistensi dalam latihan, jangan lupa berbagi dan tuliskan kisah kalian di kolom komentar yak agar orang lain juga bisa merasakan suksesnya. Semangat berkarya dan berbagi selalu yak!


Kunci Juarai Kompetisi Internasional (bagian 2)



Ingat selalu pantau terus web www.lombainternasional.info yak untuk selalu mendapatkan tips dan up date informasi seputar kompetisi terkini. Dan tentu jangan lupa pula share keteman-teman kalian agar mereka juga lebih semangat lagi untuk selalu berkolaborasi dan berkompetisi untuk kemajuan negri kita tercinta Indonesia. Ok terimakasih atas semua dukungannya salam sehat dan sukses selalu untuk kita semua! Aamiin.


No comments:

Post a Comment