Monday, January 20, 2020

Kunci Menjadi Guru Berprestasi bagian 2 (Download contoh KTI Gupres)

Fokus pada prestasi Pribadi atau Prestasi Anak


Gupres SMP 2019 doc. pribadi
Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam sukses and sehat selalu untuk seluruh bapak ibu guru damanapun berada. Semangat berkarya selalu untuk mendidik anak bangsa. Kali ini penulis akan berbagi lagi berkaitan dengan bagaimana menjadi Guru Berprestasi hingga ke tingkat Nasional. Bagi temen-temen yang belum membaca artikel sebelumnya silakan membaca melalui link berikut:


Nah dalam kesempatan kali ini penulis akan sampaikan dalam menuju Gupres itu mana yang lebih baik antara lebih fokus kecapaian prestasi diri pribadi terlebih dahulu ataukah berfokus ke prestasi siswa terlebih dahulu?

Bagaimana menurut teman-teman?

Boleh silakan isikan komentar teman-teman dikolom komentar.

Berdasarkan pengalaman pribadi penulis mengejar pada prestasi anak terlebih dahulu. Mengingat kalau kita lebih asik dengan mengejar prestasi diri pribadi prestasi anak sedikit banyak akan terabaikan. Mengingat untuk mengikuti perlombaan atau kompetisi khusus Guru tentu butuh persiapan yang matang, terlebih kalau sudah menargetkan untuk menjadi Juara dalam kompetisi tersebut. Beda halnya kalau kita hanya ingin cari point' sebagai finalis. Sedangkan jika kita fokus keprestasi anak terlebih dahulu kita akan lebih terlatih dan menikam kunci bagaimana bisa mengantarkan anak didik kita dalam menjuarai kompetisi. Ingat anak didik kita setiap tahunya selalu silih berganti dan tentu kompetensi mereka sangatlah berbeda dari tiap angkatan. So dengan mengetahui kunci juara tadi dengan mudah kita dalam mengarahkan anak, baru dengan begitu kita bisa dengan fokus mengembangkan diri untuk unjuk gigi di ajang kompetisi guru.

Bisakah itu semua kita lakukan berbarengan?



Bisa! Tentu butuh pengorbanan dan perjuangan yang lebih! Akan tetapi hal tersebut akan menjadi mudah dan ringan jikalau kita mampu menciptakan sebuah inovasi yang dapat kita gunakan sekaligus untuk lomba anak ataupun lomba kita sendiri sebagai seorang guru.

Berikut salah satu contoh inovasi yang telah penulis lakukan, dalam satu produk temuan mampu menjadikan anak dan diri penulis menjadi juara di tingkat Nasional (Juara 2 Lomba Inovasi Praktikum MIPA Nasional Limpranas Unnes 2015 sekaligus Juara 1 Lomba Kreativitas Guru Nasional Kemdikbud 2015). Silakan Download melalui link berikut:


Dengan begitu point gandapun akan kita dapatkan, point prestasi pribadi dan point prestasi anak. Karena apa? Kedua hal tersebut memiliki point porsi penilaian yang cukup besar pada penilaian portofolio Gupres. Terlebih jika kita mampu mengubah karya tersebut kedalam bentuk KTI ataupun buku point publikasi ilmiah yang juga cukup besar akan sekaligus kita dapatkan pula.



Yupp, ketemu lagi di tips berikutnya yak, semangat berkarya untuk teman-teman semua.

Ingat selalu pantau terus web www.lombainternasional.info yak untuk selalu mendapatkan tips dan up date informasi seputar kompetisi terkini. Dan tentu jangan lupa pula share keteman-teman kalian agar mereka juga lebih semangat lagi untuk selalu berkolaborasi dan berkompetisi untuk kemajuan negri kita tercinta Indonesia. Ok terimakasih atas semua dukungannya salam sehat dan sukses selalu untuk kita semua! Aamiin.

Bersambung.

No comments:

Post a Comment