Monday, January 20, 2020

Kunci Menjadi Guru Berprestasi Bagian 1 (Download Contoh Portofolio dan Buku Panduan Gupres)

Kumpulan Kisah Guru Berprestasi 2019
doc. Pribadi

Assalamualaikum. Wr. Wb.

Salam sukses dan sehat selalu untuk seluruh Bapak Ibu Guru dimanapun berada. Kali ini Mimin hanya akan berbagi berkaitan dengan bagaimana menjadi Guru Berprestasi. Berdasarkan buku panduan Guru Berprestasi Kemdikbud 2019, pengertian Guru Berprestasi adalah guru yang memiliki kinerja melampaui standar yang ditetapkan oleh satuan pendidikan, mencakup empat kompetensi yaitu paedagogik, kepribadian, sosial dan profesional, menghasilkan karya inovatif yang diakui baik pada tingkat daerah, nasional dan atau internasional; dan secara langsung membimbing peserta didik hingga mencapai prestasi di bidang intrakurikuler dan/ atau ekstrakurikuler.

Berdasarkan hal tersebut, minimal seluruh aspek yang disebutkan dalam pengertian diatas haruslah dipenuhi oleh seorang guru yang hendak maju mengikuti seleksi lomba Guru Berprestasi. Nah silakan temen temen semua mulai mengoreksi dan mengevaluasi kira-kira asfek mana yang belum terpenuhi? Segera isi kekosongan tersebut baru anda dikatakan masuk kriteria Guru Berprestasi. Sedangkan menang atau kalah dalam perlombaan nanti itu hanyalah sebagai pengakuan, karena layaknya setiap kita sebagai guru haruslah bisa memenuhi kriteria tersebut dalam tugas kita mendidik siswa.

Nah untuk menyandang gelar Guru Berprestasi (Pemenang) tidaklah semudah yang kita banyangkan, karena semuanya butuh proses yang tidak instan, bahkan bisa dikata tidak bisa dijalankan dengan instan. Hasil karya maupun kontribusi kita selama tiga tahun terakhirlah yang akan lebih menentukan penilaian (berdasarkan buku panduan 2019). Namun dalam menuju tiga tahun terakhir tersebut tidaklah instan lantas 3 tahun tung langsung jadi proses menuju kesana itulah yang akan lebih mengukuhkan kita sebagai seorang gupres.


“Setelah Menang lantas apa yang akan Anda lakukan?”



“Bisakah Bapak Ibu semua terus mempertahankan prestasi?”

“Bisakah Bapak Ibu semua menginspirasi yang lain sepulang dari sini (Lokasi Lomba Gupres Nasional)?”

“Bisakah Bapak Ibu sekalian menjadi pemimpin yang hebat sepulang dari sini (Lokasi Lomba Gupres Nasional)?”

Pertanyaan itulah yang biasa dikata/sering muncul disaat Final Gupres Nasional. Hal tersebut pula yang menjadi catatan penulis dari Mendikbud saat itu, Prof Muhajir Efendi di Ballroom Gran Sahid Jaya Jakarta di akhir Final Guru Berprestasi Nasional 2019. Tugas menginspirasi baik ke siswa maupun ke teman sejawat adalah yang harus terus kami emban. Untuk itu bukannya sok atau apa, melalui tulisan ini penulis berniat untuk sekedar berbagi pengalaman untuk memgugah teman-teman semua untuk terus berkarya dan melakukan yang terbaik. Mungkin sandangan Gupres hanyalah dampak yang kita dapatkan dari proses kerja ikhlas kita dalam mengabdi. Nah berikut beberapa tips bgaimana bisa menjadi Guru Berprestasi hingga ke tingkat Nasional.

Pertama, Pelajari dan pantau terus buku panduannya. Mengingat buku panduan adalah minimal permintaan juri yang diharapkan dari kita. Dan tentu setiap tahun bisa mengalami perubahan maupun akan tetap sama seperti panduan tahun sebelumnya, untuk itu pantau dan bandingkan tiap buku panduan tersebut sambil menyusun portofolio yang diinginkan dari panduan tersebut. Berikut buku panduan Gupres tahun 2019:

1.   Link Download Panduan Gupres SD 2019


2.   Link Download Panduan Gupres SMP 2019


3.   Link Download Panduan Gupres Dikmen dan Diksus 2019




Kedua, Belajar dari senior. Kesempatan emas yang telah Allah berikan pada penulis salah satunya adalah dapat belajar langsung dengan para senior Gupres tahun 2015. 25 orang termasuk penulis saat itu diberangkatkan ke Australia lewat Australia Awards Indonesia. 22 orang dari rombongan adalah para memenang dan Finalis Gupres tahun 2015 dan 2016, kesempatan tersebut seakan tidak penulis sia siakan. Berguru langsung pada satu-persatu seniorpun penulis tempuh untuk mendapatkan ilmu serta bimbingan dari beliau-beliau berkaitan dengan Gupres. Tentu tips dan arahan dari masing-masing beliau berbeda, dan itu yang makin mengatakan penulis berkaitan dengan persiapan menghadapi lomba Gupres. Nah akan tetapi bagi teman yang tentu tidak mengalami hal yang penulis dapatkan dapat juga membaca kisah dari para finalis Gupres Nasional 2019 lewat buku "Jejak Finalis Gupres Nasional 2019."  Ingin segera tahu kisah mereka kan? Buku ini bisa temen-temen dapatkan melalui PO ke admin.

Buku Kumpulan Kisah Guru Berprestasi SMP 2019
doc. Pribadi


Ketiga, segera susun portofolio tidak usah menunggu pengumuman lomba. Yuppp portofolio memiliki porsi yang cukup besar dalam penilaian awal Gupres, untuk itu segera susun portofolio temen-temen sekalian sekaligus untuk memantau dan menghitung bobot pointnya. Dari situ kita bisa jadikan bahan evaluasi, kira-kira bagian mana yang perlu kita tambahkan lagi atau kita lengkapi lagi poinnya untuk mendapatkan nilai yang cukup mantap hingga sekali ikut/maju langsung bisa jadi juaranya. Minimal bisa jadi juara provinsi terlebih dahulu baru persiapan tahun berikutnya bisa tembus hingga ke level Nasional. Nah tentu bagi temen temen guru ASN selain untuk persiapan lomba portofolio yang telah tersusun itupun dapat kita manfaatkan sebagai PAK. Nah berikut contoh portofolio penulis saat maju Gupres Nasional 2019.


Nah kiranya sekian dulu tips yang penulis berikan, insyallah akan penulis sampaikan lagi tips-tips yang lain di artikel sambungan.


No comments:

Post a Comment