Thursday, February 20, 2020

Reseach Block Grant untuk Guru: Rahasia Tembus Reseach Block Grant (Download Contoh Proposal dan Buku Panduan SRG 2020)

Seaqis Research  Block Grant
Sumber: Seameo Qitep in Science
Assalamualaikum Wr. Wb.

Research- Salam sukses and sehat selalu untuk seluruh bapak ibu guru damanapun berada. Semangat berkarya selalu untuk mendidik anak bangsa. Kali ini Mimin akan berbagi lagi berkaitan dengan bagaimana rahasia menembus Block Grand Penelitian khususnya yang diselenggarakan dari Seameo berdasarkan pengalaman Mimin.

Menjadi penerima block grand terpilih 13 besar dari lebih 1400-an peserta dari kalangan pendidik dan akademisi rasanya sesuatu banget, diantara ga nyangka dan bersyukur karena Allah telah memberi kesempatan emas ini untuk bisa wawancara via video Converen (Vidcon) didepan juri profesional. Edaran Bock Grant Research dari Seamolec tahun ini tanpa pikir panjang saya ambil walau disela kesibukan bingung mencari ide penelitian yang memang harus Wauooo untuk bisa tembus proposal ini, mengingat persaingan yang begitu ketatnya.








Dalam seleksi Block Grant tahun ini yang mengambil tema besar pembelajaran di era pendidikan 4.0 peserta di wajibkan membuat video pendek (Menyesuaikan permintaan panitia) yang harus di upload ke youtube guna di kirimkan linknya ke panitia seleksi. Video jangan terlalu panjang yak pastinya juri akan bosan karena begitu banyaknya proposal yang masuk, cukup sampaikan sesingkat mungkin apa inti dari isi proposal teman-teman dan jangan bertele-tele.



Nah tentu selain video yang jauh lebih penting adalah kualitas proposal kita teman, lantas kira kira apa sih rahasianya agar proposal kita bisa tembus sampai level ini?
berikut nie teman sedikit tips yang bisa saya bagikan, mohon maaf bukan bermaksud menggurui hehe tapi cerita aja pengalaman yang telah saya lakukan sehingga sampai ke level ini. hehehe ga ada salahnya kan berbagi, yupppppp langsung aja yak!

Rahasia Menembus Block Grant Reseach:

Pertama, Kekuatan ide. Benar sekali kasarnya kalau boleh dikata, setebal apapun proposal teman-teman kalau minim ide baru yang benar bener kuat tentu akan percuma, ingat lebih dari seribu pesaing kita temen. So kuatkan ide, buat ide se waouuuu mungkin agar juri bener-bener tertarik dengan ide penelitian temen-temen. Dan tentu perlu digaris bawahi pula ide kuat tidak harus mahal ya temen. Makin Kuat Ide dengan biaya terjangkau akan jauh lebih menarik, coz akhirnya karya kita haruslah bisa di tiru ditempat lain.


Kedua, Buat anggaran biaya sewajar mungkin. Nah tentu juri bakalan paling tidak suka kalau menemukan, angka-angka yang tidak wajar ya teman. Indikasi markup dana akan begitu terlihat kalau kita membuatnya tidak wajar. Ingat kita masih dalam kondisi minta dana penelitian so harus sewajar dan usahakan sejujurnya sesuai anggaran yang memang benar-benar mau digunakan, dan hindari kesan mengada-ada.


Ketiga, Perhatikan kerangka/format laporan. Dalam lomba apapun biasanya panitia menginginkan format tersendiri. Jadi sesuaikan format yang teman-teman ajukan sesuai batasan yang disampaikan panitia. Boleh temen-temen tambahi asalkan format pokok dari panitia sudahlah temen-temen penuhi. So jangan menambahi dengan cara mengurangi ketentuan yang telah ditentukan.

Keempat, Kekuatan treck record temen-temen dibidang penelitian. Memang bukan yang utama, tetapi hal ini jadi penting karena akan sangat berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan juri kepada kita. Bukan pertimbangan utama tapi hal ini akan berbicara, hehe tidak percaya buktikan saja.
Kenapa begitu? berkali kali tiap kali mengikuti event, baik lomba, pelatihan, kompetisi atau apapun itu yang harus menyertakan biodata, provil atau portopolio apapun itu Alhamdulillah dengan treck record yang sempurna alhamdulillah saya selalu mendapatkan posisi. Masih gak percaya? Buktikan sendiri ya teman.

Uppppp, tentu teman-teman jauh lebih berpengalaman dari itu semua,... tambahan masukan sangat saya harapkan,.. tentu dengan sedikit meninggalkan jejak dikolom komentar akan membuat saya lebih senang lagi dalam berbagi... hehe

Semangat Mencoba ya teman ....



Nah berikut contoh proposalnya nie teman, ini batasan minimal ya teman dan tentu bisa teman-teman kembangkan sendiri sesuai kebutuhan dan kepentingan teman-teman:


Nah untuk lebih jelas tentang SRG 2020 silakan download juga panduannya di link berikut ini:


Yuppp, selalu semangat berkarya untuk bapak ibu guru semua, tunjukkan pada siswa bahwa kita juga bisa menjadi juara untuk lebih bisa memotivasi mereka.


“Teruslah Berkreasi, Berinovasi dan Berprestasi untuk Menginspirasi.” --- lombainternasional.info

Hehe yang wajib sebagai penutup Mimin, ingat selalu pantau terus web www.lombainternasional.info ya gaezz untuk selalu mendapatkan tips dan up date informasi seputar kompetisi lokal - internasional terkini serta motivasi prestasi. Tentu jangan lupa pula share keteman-teman kalian yak, agar mereka juga lebih semangat lagi untuk selalu berkolaborasi dan berkompetisi demi kemajuan negeri kita tercinta Indonesia. Ok terimakasih atas semua dukungannya, salam sehat dan sukses selalu untuk kita semua!

No comments:

Post a Comment