Monday, April 11, 2022

7 Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

https://www.lombainternasional.info/2022/04/7-tema-projek-penguatan-profil-pelajar.html
7 Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila


7 Tema Projek Penguatan ProfilPelajar Pancasila

7 Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini ditentukan oleh Kemendikbudristek yang dapat dilihat di Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang dapat dikembangkan dan dilaksanakan sesuai karakteristik dan potensi yang ada di satuan pendidikan atau sekolah masing-masing.

 

7 Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini dikeluarkan oleh Pusat Pembelajaran dan Asesmen Balitbangbuk Kemendikbudristek. Terdapat panduan yang disiapkan yaitu berdasarkan jenjang pendidikan di PAUD, SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MS SMK/MAK

Sedangkan untuk detail panduan keseluruhan dapat teman-teman download di link berikut:

[Download] Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

[Download Disini]


Sekolah atau madrasah memilih Tema yang dijadikan Program Tahunan (ProTa) sesuai bulan pelaksanaan dari setiap tema.

 


Prota projek disusun bersama dengan para guru terutama yang terlibat di kegiatan proyek. dan dapat melibatkan peserta didik untuk menyusun prota tersebut. Dalam hal ini Pemerintah Daerah dan satuan pendidikan dapat mengembangkan tema menjadi topik yang lebih spesifik, sesuai dengan budaya serta kondisi daerah dan satuan pendidikan. Satuan pendidikanpun diberikan kewenangan untuk menentukan tema yang diambil untuk dikembangkan, baik untuk setiap kelas, angkatan, maupun fase. Serta Jumlah Tema projek profil pelajar Pancasila yang diambil oleh sekolah/madrasah diatur dengan ketentuan sebagai berikut:

 

SD wajib memilih minimal 2 tema untuk dilaksanakan per tahun,

SMP dan SMA wajib memilih minimal 3 tema per tahun.

 

Cara Memilih Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Pemilihan tema umum projek penguatan profil pelajar Pancasila dapat berdasarkan pada hal sebagai berikut:

 

1.    Tahap kesiapan satuan pendidikan dan pendidik dalam menjalankan projek.

2.    Kalender belajar nasional, atau perayaan nasional atau internasional, misalnya Tema ’Gaya Hidup Berkelanjutan’ dilaksanakan menjelang Hari Bumi, atau tema ‘Bhinneka Tunggal Ika’ dilaksanakan menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia.

3.    Isu atau topik yang sedang hangat terjadi atau menjadi fokus pembahasan atau prioritas satuan pendidikan. Dalam hal ini, isu atau topik dapat dicari kesesuaian atau keterkaitannya dengan 7 tema yang sudah ditentukan

4.    Tema yang belum dilakukan di tahun sebelumnya dan dapat mengulang siklus setelah semua tema sudah dipilih. Untuk memastikan semua tema dapat dijalankan, sangat penting untuk satuan pendidikan memastikan terjadinya pendokumentasian dan pencatatan portofolio projek dalam skala satuan pendidikan.

 


7 Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Untuk tahun pelajaran 2022/2022, Kemendikbudristek mengembangkan 7 tema berdasarkan isu prioritas dalam Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020‒2035, Sustainable Development Goals, dan dokumen lain yang relevan.

Adapun 7 tema projek penguatan profil pelajar Pancasila sebagai berikut:

1.       Gaya Hidup Berkelanjutan

Memahami dampak dari aktivitas manusia, baik jangka pendek maupun panjang, terhadap kelangsungan kehidupan di dunia maupun lingkungan sekitarnya.

 

Penerapan Tema ini mulai dari SD/MI sd SMA/MA dan SMK/MAK.

 

Tema ini dapat membantu peserta didik untuk:

·      mengembangkan kemampuan berpikir sistem untuk memahami keterkaitan aktivitas manusia dengan dampak-dampak global yang menjadi akibatnya, termasuk perubahan iklim.

·      membangun kesadaran untuk bersikap dan berperilaku ramah lingkungan serta mencari jalan keluar untuk masalah lingkungan serta mempromosikan gaya hidup serta perilaku yang lebih berkelanjutan dalam keseharian.

·      mempelajari potensi krisis keberlanjutan yang terjadi di lingkungan sekitarnya (bencana alam akibat perubahan iklim, krisis pangan, krisis air bersih dan lain sebagainya), serta mengembangkan kesiapan untuk menghadapi dan memitigasinya.

Contoh muatan lokal:

Semarang: rob

Kalimantan: hutan sebagai paru-paru dunia

 

2.       Kearifan lokal

Membangun rasa ingin tahu dan kemampuan inkuiri melalui eksplorasi tentang budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitar atau daerah tersebut, serta perkembangannya.

 

Tema ini dapat diterapkan mulai dari SD/MI sd SMA/MA dan SMK/MAK.

 

Tujuan tema ini:

Peserta didik mempelajari bagaimana dan mengapa masyarakat lokal/ daerah berkembang seperti yang ada, bagaimana perkembangan tersebut dipengaruhi oleh situasi/konteks yang lebih besar (nasional dan internasional), serta memahami apa yang berubah dari waktu ke waktu apa yang tetap sama.

Peserta didik juga mempelajari konsep dan nilai-nilai dibalik kesenian dan tradisi lokal, serta merefleksikan nilai-nilai apa yang dapat diambil dan diterapkan dalam kehidupan mereka.

dan Peserta didik juga belajar untuk mempromosikan salah satu hal yang menarik tentang budaya dan nilai-nilai luhur yang dipelajarinya.

Contoh muatan lokal:

 

Jawa Barat: sistem masyarakat di Kampung Naga

Papua: sistem masyarakat di Lembah Baliem.

 


3.       Bhinneka Tunggal Ika

Mengenal belajar membangun dialog penuh hormat tentang keberagaman kelompok agama dan kepercayaan yang dianut oleh masyarakat sekitar dan di Indonesia serta nilai-nilai ajaran yang dianutnya.

 

Tema ini dapat diterapkan mulai dari SD/MI sd SMA/MA dan SMK/MAK.

 

Peserta didik mempelajari perspektif berbagai agama dan kepercayaan tentang fenomena global, misalnya masalah lingkungan, kemiskinan, dan sebagainya.

Peserta didik secara kritis dan reflektif menelaah berbagai stereotip negatif yang biasanya dilekatkan pada suatu kelompok agama, dan dampaknya terhadap terjadinya konflik dan kekerasan.

Melalui projek ini, peserta didik mengenal dan mempromosikan budaya perdamaian dan antikekerasan.

Contoh muatan lokal:

 

Menangkap isu-isu atau masalah keberagaman di

lingkungan sekitar dan mengeksplorasi pemecahannya.

 

4.       Bangunlah Jiwa dan Raganya

Membangun kesadaran dan keterampilan untuk memelihara kesehatan fisik dan mental, baik untuk dirinya maupun orang sekitarnya.

 

Tema ini dapat diterapkan di SMP/MTS dan SMA/MA serta SMK/MAK.

 

Peserta didik melakukan penelitian dan mendiskusikan masalah-masalah terkait kesejahteraan diri (wellbeing) mereka serta mengkaji fenomena perundungan (bullying) yang terjadi di sekitar mereka, baik dalam lingkungan fisik maupun dunia maya, serta berupaya mencari jalan keluarnya.

Peserta didik juga menelaah masalah-masalah yang berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan fisik dan mental, termasuk isu narkoba, pornografi, dan kesehatan reproduksi. Peserta didik merancang kegiatan dan komitmen untuk senantiasa menjaga kesejahteraan dirinya dan orang lain, serta berusaha untuk mengampanyekan isu terkait.

 

Contoh muatan lokal:

Mencari solusi untuk masalah cyber bullying yang marak di kalangan remaja lokal.

 


5.       Suara Demokrasi

Dalam “negara kecil” bernama satuan pendidikan, sistem demokrasi dan pemerintahan yang diterapkan di Indonesia dicoba untuk dipraktikkan, namun tidak terbatas pada proses pemilihan umum dan perumusan kebijakan.

 

Tema ini dapat diterapkan di SMP/MTS dan SMA/MA serta SMK/MAK.

 

Peserta didik merefleksikan makna demokrasi dan memahami implementasi demokrasi serta tantangannya dalam konteks yang berbeda, termasuk dalam organisasi satuan pendidikan dan/atau dalam dunia kerja.

Menggunakan kemampuan berpikir sistem, peserta didik menjelaskan keterkaitan antara peran individu terhadap kelangsungan demokrasi Pancasila.

Contoh muatan lokal:

Sistem musyawarah yang dilakukan masyarakat adat tertentu untuk memilih kepala desa.

 

6.       Berekayasa dan Berteknologi untuk Membanguan NKRI

Berkolaborasi dalam melatih daya pikir kritis, kreatif, inovatif, sekaligus kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk berteknologi yang memudahkan kegiatan dirinya dan juga sekitarnya.

 

Tema ini dapat diterapkan mulai dari SD/MI sd SMA/MA dan SMK/MAK.

 

Peserta didik mengasah berbagai keterampilan berpikir (berpikir sistem, berpikir komputasional, atau design thinking) dalam mewujudkan produk berteknologi.

Peserta didik dapat mempelajari dan mempraktikkan proses rekayasa (engineering process) secara sederhana, mulai dari menentukan spesifikasi sampai dengan uji coba, untuk membangun model atau prototipe produ bidang rekayasa (engineering).

Peserta didik juga dapat mengasah keterampilan coding untuk menciptakan karya digital, dan berkreasi di bidang robotika. Harapannya, para peserta didik dapat membangun budaya smart society dengan menyelesaikan persoalan-persoalan di masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan penerapan teknologi, mensinergikan aspek sosial dan aspek teknologi.

Contoh muatan lokal:

Membuat desain inovatif sederhana yang menerapkan teknologi yang dapat menjawab permasalahan yang ada di sekitar satuan pendidikan.

 


7.       Kewirausahaan

Mengidentifikasi potensi ekonomi di tingkat lokal dan masalah yang ada dalam pengembangan potensi tersebut, serta kaitannya dengan aspek lingkungan, sosial, dan kesejahteraanmasyarakat.

 

Tema ini dapat diterapkan mulai dari SD/MI sd SMA/MA dan SMK/MAK.

 

Peserta didik kemudian merancang strategi untuk meningkatkan potensi ekonomi lokal dalam kerangka pembangunan berkelanjutan.

Melalui kegiatan dalam projek ini seperti terlibat dalam kegiatan ekonomi rumah tangga, berkreasi untuk menghasilkan karya bernilai jual, dan kegiatan lainnya, yang kemudian diikuti dengan proses analisis dan refleksi hasil kegiatan mereka.

Melalui kegiatan ini, kreatifitas dan budaya kewirausahaan akan ditumbuhkembangkan. Peserta didik juga membuka wawasan tentang peluang masa depan, peka akan kebutuhan masyarakat, menjadi problem solver yang terampil, serta siap untuk menjadi tenaga kerja profesional penuh integritas.

 

Contoh muatan lokal:

Membuat produk dengan konten lokal yang memiliki daya jual.


Sumber: Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Kemendikbud Ristek 2022



Related Post:

7 Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

[Download Disini]


[Download] Contoh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema: Gaya Hidup Berkelanjutan

[Download Disini]


[Download] Contoh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema: Kearifan lokal

[Download Disini]


[Download] Contoh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema: Bhinneka Tunggal Ika

[Download Disini]


[Download] Contoh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema: Bangunlah Jiwa dan Raganya

[Download Disini]


[Download] Contoh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema: Suara Demokrasi

[Download Disini]


[Download] Contoh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema: Berekayasa dan Berteknologi untuk Membanguan NKRI

[Download Disini]


[Download] Contoh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema: Kewirausahaan

[Download Disini]


[Download] Contoh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Semua Tema

[Download Disini]

[Download] ATP (Alur dan Tujuan Pembelajaran) Diksus

[Download Disini]

[Download] ATP (Alur dan Tujuan Pembelajaran) Jenjang SD, SMP, SMA/SMK (Dikdasmen)

[Download Disini]

[Download] CP (Capaian Pembelajaran) Kurikulum Merdeka Semua Mapel 2022

[Download Disini]

[Download] Pedoman Pelaksanaan/Penerapan Kurikulum Merdeka

[Download Disini]

[Download] Dimensi dan Elemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka

[Download Disini]

[Download] Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

[Download Disini]

[Download] Buku Saku Tanya Jawab Tentang Kurikulum Merdeka

[Download Disini]

[Download] Buku Guru dan Buku Siswa Program Sekolah Penggerak PAUD SD SMP SMA/SMK (Kurikulum Prototype/Kurikulum Merdeka)

[Download Disini]

[Download] Buku Guru dan Buku Siswa Program Sekolah Penggerak PAUD (Kurikulum Prototype/Kurikulum Merdeka)

[Download Disini]

[Download] Buku Guru dan Buku Siswa Program Sekolah Penggerak SD (Kurikulum Prototype/Kurikulum Merdeka)

[Download Disini]

[Download] Buku Guru dan Buku Siswa Program Sekolah Penggerak SMP (Kurikulum Prototype/Kurikulum Merdeka)

[Download Disini]

[Download] Buku Guru dan Buku Siswa Program Sekolah Penggerak SMA/SMK (Kurikulum Prototype/Kurikulum Merdeka)

[Download Disini]

 

 

Semoga Bermanfaat.

Salam Sehat Bahagia dan Sukses selalu buat teman-teman semua.

“Guru Bergerak, Indonesia Maju!

 

Dan ini Khusus Untuk Kalian nie gaezz:

[Update] Info Lomba Nasional-Internasional 2022/2023

https://www.lombainternasional.info/2021/12/update-info-lomba-nasional.html


Follow juga ig @lombainternasional.info untuk selalu mendapatkan Update info lomba Gratis Bergengsi dan Quotes Motivasi Prestasi setiap hari.

Tag:

7 Tema Projek Profil Pelajar Pancasila, Download atp, download cp, download kosp, kurikulum merdeka, implementasi kurikulum merdeka, panduan kurikulum merdeka,

No comments:

Post a Comment