Thursday, July 21, 2022

4 Prinsip Projek Pelajar Pancasila

 
https://www.lombainternasional.info/2022/07/4-prinsip-projek-pelajar-pancasila.html

                         4 Prinsip Projek Pelajar Pancasila



4 Prinsip Projek PelajarPancasila

 

Assalamualaikum, wr. Wb,.

Salam Sehat dan bahagia selalu untuk temen temen Guru dimanapun berada, berikut akan mimin sampaikan tentang prinsip dari projek profil pelajar pancasila.

 

Projek penguatan profil pelajar pancasila memilik 4 prinsip kunci, yaitu sebagai berikut:

1. Holistik

Prinsip projek pelajar pancasila yang pertama adalah holistik. Pengertian Holistik adalah memandang sesuatu secara utuh dan menyeluruh, tidak parsial atau terpisah-pisah.

Dalam konteks perancangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, kerangka berpikir holistik mendorong sekolah atau madrasah untuk menelaah sebuah tema secara utuh dan melihat keterhubungan dari berbagai hal untuk memahami sebuah isu secara mendalam.

Maka setiap tema projek yang dilaksanakan bukan merupakan sebuah wadah tematik yang menghimpun beragam mata pelajaran, namun lebih kepada wadah untuk meleburkan beragam perspektif dan konten pengetahuan secara terpadu.



2. Kontekstual

Prinsip kedua adalah kontekstual yaitu upaya mendasarkan kegiatan pembelajaran pada pengalaman nyata yang dihadapi dalam keseharian.

Prinsip ini mendorong pendidik dan peserta didik untuk dapat menjadikan lingkungan sekitar dan realitas kehidupan sehari-hari sebagai bahan utama pembelajaran.

Maka sekolah atau madrasah melaksanakan projek dengan membuka ruang dan kesempatan bagi peserta didik untuk dapat mengeksplorasi berbagai hal di luar lingkup sekolah atau madrasah.

Tema-tema projek diusahakan dapat menyentuh persoalan lokal yang terjadi di daerah masing-masing. Dengan mendasarkan projek pada pengalaman nyata yang dihadapi dalam keseharian, diharapkan peserta didik dapat mengalami pembelajaran yang bermakna untuk secara aktif meningkatkan pemahaman dan kemampuannya.


3. Berpusat pada Peserta Didik

Prinsip projek pelajar pancasila yang ketiga adalah berpusat pada peserta didik. Prinsip ini berkaitan dengan skema pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk menjadi subjek pembelajaran yang aktif mengelola proses belajarnya secara mandiri.

Pendidik berusaha mengurangi peran sebagai aktor utama kegiatan belajar mengajar yang menjelaskan banyak materi dan memberikan banyak instruksi.

Sebaiknya, Pendidik menjadi fasilitator pembelajaran yang memberikan banyak kesempatan bagi peserta didik untuk mengeksplorasi berbagai hal atas dorongannya sendiri.

Harapannya, setiap kegiatan pembelajaran dapat mengasah kemampuan peserta didik dalam memunculkan inisiatif serta meningkatkan daya untuk menentukan pilihan dan memecahkan masalah yang dihadapinya.



4. Eksploratif

Prinsip keempat adalah eksploratif. Prinsip eksploratif berkaitan dengan semangat untuk membuka ruang yang lebar bagi proses inkuiri dan pengembangan diri. Inkuiri merupakan sebuah strategi pengajaran yang berpusat pada siswa, yang mendorong siswa untuk menyelidiki masalah dan menemukan informasi.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tidak berada dalam struktur intrakurikuler yang terkait dengan berbagai skema formal pengaturan mata pelajaran. Sehingga di struktur kurikulum merdeka, alokasi pembelajaran terbagi menjadi 2 kolom yaitu pembelajaran intrakurikuler dan projek pelajar panncasila.

Oleh karenanya, projek ini memiliki area eksplorasi yang luas dari segi jangkauan materi pelajaran, alokasi waktu, dan penyesuaian dengan tujuan pembelajaran. Namun demikian, diharapkan pada perencanaan dan pelaksanaannya, pendidik tetap dapat merancang kegiatan projek secara sistematis dan terstruktur agar dapat memudahkan pelaksanaannya.

Prinsip eksploratif juga diharapkan dapat mendorong peran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk menggenapkan dan menguatkan kemampuan yang sudah peserta didik dapatkan dalam pelajaran intrakurikuler.

 

Tag:

Projek Profil Pelajar Pancasila, Prinsip Projek Profil Pelajar Pancasila, Penyusunan Projek Profil Pelajar Pancasila,

 

Related Post:

[Download] Dimensi dan Elemen Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

[Download Di sini]

[Download] Contoh SK Tim Fasilitasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

[DownloadDi Sini]

 

Follow juga ig @lombainternasional.info untuk selalu mendapatkan Update info lomba Gratis Bergengsi dan Quotes Motivasi Prestasi setiap hari.

No comments:

Post a Comment