Sunday, November 13, 2022

Tips Juarai Lomba Karya Inovasi


Tips Juarai Lomba Karya Inovasi


Tips Juarai Lomba Karya Inovasi


Assalamualaikum wr wb.

Salam Sehat Bahagia dan Sukses selalu untuk sobat Es MoeL semua dimanapun berada. 

Nah pada kesempatan kali ini akan saya sampaikan Tips Juarai Lomba Karya Inovasi. Bukan tidak ada latar belakangnya semoga pengalaman penulis yang telah mengantongi lebih dari 30 piagam dan penghargaan yang sebagian besar berkaitan dengan lomba karya inovasi. Tentu tidak adil rasanya kalau penulis tidak membagikan pengalaman yang telah penulis miliki. 

Agar lebih bermanfaat dan lebih berkah lagi silahkan juga teman teman bantu share ke temen temen yang lain yang belum menemukan tulisan Tips Juarai Lomba Karya Inovasi ini.

Nah berikut Tips Juarai Lomba Karya Inovasi yang penulis rangkum dari berbagai sumber dan berbagi pengalaman penulis saat mengikuti penjurian baik dari tingkat kota hingga nasional:

1. Pemilihan Judul yang menarik

Judul karya kita terkadang menjadi penentu utama terpilihnya karya kita dari ribuan pesaing kita yang juga mengirimkan karya-karya mereka. Karena banyaknya peserta yang mengirimkan tentu judul yang menarik akan menjadi kunci yang akan menarik hati Juri.

2. Hindari Plagiasi

Diberbagai event lomba setingkat nasional sudah hampir semua sekarang memperhitungkan hal ini. Plagiasi, hal sebagus apapun, karya sebagus apapun kalau memiliki plagiasi tinggi atau similaritasnya tinggi tentu hanya akan menjadi sampah. Sebelum pemilihan naskah yang akan di baca juri terkadang hal pertama yang akan dilakukan panitia adalah scaning plagiasi, so jangan main main dengan hal yang satu ini yak, tentu pastikan karya temen temen semua bebas dari hal ini sebelum temen temen kirim ke panitia.

3. Noveltis / nilai kebaruan

Kata Inovasi tentu tuidak lepas dari kata kebaruan, Tips Juarai Lomba Karya Inovasi yang utama tentu harus ada nilai kebaruan atau noveltis. Amati Tiru Modivikasi atau yang biasa temen temen sebut dengan ATM tentu wajar bagi kita sebagai pemula, namun kalau temen temen yang sudah bermain lama di bidang lomba inovasi kalau masih menggunakan strategi ATM ini mending tidak usah lomba saja dah. Tentu selalu usahakan ada hal yang baru yang harus temen temen bisa tonjolkan dari karya temen temen. 

4. Duplicable / mudah diplikasi ulang

Nilai plus tentu karya kita kalau bisa diduplikasi oleh orang lain, bukan artinya untuk diplagiasi akan tetapi karya inovasi tidak akan adan manfaatnya kalau hanya kita sendiri yang bisa memanfaatkannya, Makin banyak orang yang akan memanfaatkan karya kita tentu makin besar pula nilainya. Jangan takut karya kita ditiru orang, karena makin banyak yang meniru karya kita tentu makin banyak pula manfaat yang kita dapatkan, tentu meniru dengan etika ya temen temen jangan sampai hanya copas plek, dan tentu mintalah ijin kepada yang empunya dulu sebagai etikanya.

Untuk lebih lengkapnya silakan simak di video di atas ya gaezzz!

Demikian Tips Juarai Lomba Karya Inovasi yang bisa penulis sampaikan semoga ada manfaat.


Tag: 

Lomba guru, Tips Juarai Lomba Karya Inovasi, inobel, LKG, Lomba Guru Inovatif.

No comments:

Post a Comment