Wednesday, January 15, 2020

Kunci Juarai Kompetisi Internasional Bagian 4


Kekompakan tim.

Bentuk Kekompakan tim untuk menjadi yang terbaik
doc. Pribadi
Assalamualaikum wr. wb.
Salam sehat and sukses selalu untuk seluruh sobat pejuang prestasi dimanapun berada. Kali ini mimin akan berbagai tips bagaimana bisa juarai kompetisi hingga ke tingkat Internasional bagian ke-4. Nah bagi kalian yang belum membaca tips sebelumnya silakan baca melalui link dibawah ini:


Nah pada kesempatan kali ini mimin akan membahas berkaitan dengan kekompakan tim. Bagaimana tidak, kompetisi apapun sangat membutuhkan yang namanya kekompakan tim, terlebih kompetisi yang dijalankan secara berkelompok pastilah wajib dengan yang namanya kekompakan tim. Tentu hal ini bisa di latih dan di bentuk melalui pembiasaan anak sejak dini. Baik melalui permainan ataupun lewat pembelajaran di kelas nah berikut beberapa kegiatan yang telah mimin lakukan dalam mempersiapkan yang namanya kekompakan tim.



Pertama, pembentukan tim itu sendiri. Terkhusus pembiasaan dalam pembelajaran. Selain menganut pendekatan scientific berbasis Project, pemanfaatan IT dan kemampuan presentasi mimin terapkan dalam hal ini. Yup kembali ke pembentukan kelompok terkadang perlu dibentukkan ataupun diserahkan keanak untuk membentuk tim mereka sendiri. dan tentu keduanya ada kelemahan dan kelebihan tersendiri. Dalam tim yang telah terbentuk selanjutnya dipersilakan ke anak untuk memilih siapa yang berperan sebagai Team Leader, Designer dan Presenter sesuai dengan kemampuan dan kecakapan masing-masing. Tentu mereka akan bekerja sesuai dengan tanggung jawab masin-masing, tugas kita hanyalah memantaunya.

Kedua, menerapkan sistem monitoring dan evaluasi (monev). Saat anak kita beri kepercayaan tentu mereka akan belajar yang namanya tanggung jawab. Nah, sekali lagi tugas kita hanya memantau dan mengarahkannya. Dengan lembar monitoring dan evaluasi tentu. Serahkan lembar ini pada Team Leader untuk memegang kendali kelompok dan mengisi lembar monitoring kerja tim, lagi-lagi jangan terlalu terlibat ke tugas anak, biarkan mereka berkembang sesuai kreativitas mereka. Kita hanya mengarahkan jika terjadi kekurangan dan kesalahan. Dengan pembiasaan seperti ini tentu rasa kebersamaan untuk melakukan yang terbaik dengan tim mereka akan tumbuh dengan sendirinya. Tentu kekompakan akan terbentuk.




Ketiga, terapkan sedikit sistem kompetisi. Memang kolaborasi lebih penting dari pada kompetisi. Namun dengan menerapkan sedikit sistem kompetisi antar tim akan lebih memicu semangat tim untuk menjadi yang terbaik diantara tim yang lain, sehingga merekan akan mengerahkan seluruh kemampuannya untuk menjadi yang terbaik. Tentu itu diawali dari kekompakkan tim mereka. bukan kompetisinya yang ditekankan akan tetapi dibutuhkan triger ini untuk memicu kekompakan mereka dalam menjalankan project.

Nah dalam kesempatan ini akan mimin sampaikan juga


The Best Three Of The Cell Model Project Assignments

1.    The Winner
Naufal, Radit, Fian, Jimmy, Rizzal, Farel (7C) doc. Pribadi


2.    Runer Up 


Viona, Celsie,  Dayu, Zafira (7E) doc. Pribadi


3.    Runer Up 2


Aziz, Akio, Hafizh, Madrah, Nayaka (7E) doc. Pribadi


The Best Presentation Exposure Material
 Ghania,  Resta, Naura, Davina, Ghonia, Silvania
(7C) doc. Pribadi
Berikut link download materi tersebut:



Nah sebagai penghargaan bagi mereka tentu the best tree dan the best presentation akan mendapat tambahan nilai terbaik untuk tim mereka karena telah menjalankan tugas terbaik.

Catatan: hasil The Best Presentation Exposure Material akan digunakan sebagai bahan ulangan harian pada kompetensi dasar sesuai yang telah dilakukan dalam kegiatan project kali ini.


Semangat Belajar Selalu ya Gaezz!

No comments:

Post a Comment