Thursday, January 23, 2020

Short Term untuk Guru ke Amerika Serikat: Fulbright Distinguished Awards in Teaching Program for International Teachers (Fulbright DAI)

Fulbright Teacher Exchange 2020 Sumber: aminef.or.id
Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam sukses and sehat selalu untuk seluruh bapak ibu guru damanapun berada. Semangat berkarya selalu untuk mendidik anak bangsa. Kali ini penulis akan berbagi lagi berkaitan dengan info beasiswa pelatihan bagi Guru ke Amerika yang kali ini deselenggarakan oleh American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF). Program ini membuka kesempatan bagi guru untuk mengikuti pelatihan selama kurang lebih 5 bulan. Seperti pelatihan guru ke luar negeri yang lain, program ini akan memberi kesempatan bagi guru untuk mendapatkan praktek mengajar, observasi kelas serta membuat proyek pembelajaran untuk dipraktekkan di beberapa sekolah mitra disana. Yang lebih menyenangkan semua kegiatan tidak ada pungutan biaya apapun, bahkan seluruh akomodasi dan tiket PP serta selama kegiatan persiapan ditanggung penuh oleh pihak penyelenggara. 


Baca Juga: Tetap Produktif dalam Social Distancing


Peserta

Adapun syarat untuk mengikuti kegiatan tersebut adalah sebagai berikut:

a. Bersetatus sebagai Guru baik dari jenjeng SD, SMP dan SMA
b. Berpengalaman mengajar minimal 5 tahun
c. Memiliki ijazah S1
d. Kemampuan TOEFL minimal 500 atau iBT minimal 60/61
e. Memiliki komitment untuk terus mengajar pasca pelatihan


f. Program ini juga dibuka untuk tenaga administrasi sekolah, guru bimbingan karis, penyusun kurikulum, tenaga perpustakaan dan koordinator mapel.

Berkas yang harus disiapkan


Adapun berkas yang harus disiapkan untuk mengikuti seleksi program ini adalah sebagai berikut:

a. Formulir pendaftaran sesuai format dari panitia 

b. Melengkapi dokumen sebagai berikut:

1. Statement Porpose
2. Copy KTP/Paspor
3. Copy Hasil TOEFL / iBL
4. Surat Pernyataan yang telah ditandatangani
5. Curiculum Vitae
6. Surat Rekomendasi dari Pimpinan

c. Mengirim semua kelengkapan berkas tersebut ke:

American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) Intiland Tower, Lantai 11Jl. Jendral Suderman Kav. 32 Jakarta 10220 Tlp. 021 57939085 -- 9086

d. Melakukan pendaftaran online 




Untuk lebih jelasnya baca juga buku panduan yang dapat teman-teman download di link berikut:



Dateline 

1 Maret 2020

Baca Juga: Indonesia Teacher Prize 2020

Sumber 

Untuk info lebih jelas dan pertanyaan spesifik mengenai proses aplikasi dapat dialamatkan melalui email ke infofulbright_ind@aminef.or.id. atau buka di web www.aminef.or.id 


Ingat selalu pantau terus web www.lombainternasional.info yak untuk selalu mendapatkan tips dan up date informasi seputar kompetisi terkini. Dan tentu jangan lupa pula share keteman-teman kalian agar mereka juga lebih semangat lagi untuk selalu berkolaborasi dan berkompetisi untuk kemajuan negri kita tercinta Indonesia. Ok terimakasih atas semua dukungannya salam sehat dan sukses selalu untuk kita semua! Aamiin.



9 comments: